Monday, August 7, 2017

Pengalaman Ikutan Tes Toefl ITP Di Unimed Medan


Saat ini bahasa inggris sangat lah penting, karena bahasa internasional ini menjadi salah satu syarat resmi untuk mengambil kuliah di luar negeri, beasiswa maupun kuliah pasca sarjana. Apapun jurusan kita saat kuliah wajib hukumnya punya sertifikat resmi bahasa Inggris baik Sertifikat Toefl maupun Ielts. Tes Toefl ini seringnya dipakai untuk apply kuliah pascasarjana baik dalam dan luar negeri, Asia dan Amerika. Untuk Tes Ielts bisa juga untuk apply kuliah pascasarjana dalam dan luar negeri,  seringnya dipakai untuk apply kuliah pascasarjana di negara-negara Eropa, dan Australia.

 Tes Toefl dan Ielts di Medan banyak di lakukan di lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris ternama. Kali ini saya ingin berbincang mengenai tes Toefl. Untuk Tes  Toefl, Mulai dari tes prediksi yang biasa digunakan untuk keperluan internal ataupun PBT, CBT atau IBT yang lisensi ETS. Nah, buat yang ingin menggunakan sertifikat tes untuk buat hunting beasiswa, biasanya ITP ( Institutional Testing Program) dari ETS lah yang di pakai. ETS adalah singkatan English Testing Service yang resmi dari negara asalnya Amerika, selain PBT (Paper Based Test)  yaitu tes toefl yang masih konvensional yaitu standar ujian nya seperti tes prediksi yang mana soal dan lembar jawaban menggunakan kertas tetapi sudah lisensi ETS, ada juga yang Internet Based Test (IBT) dan Computer Based Test (CBT).
Gambar 1. Keterangan pembayaran via transfer
Searching punya searching, Pusba Unimed lah yang saya pilih untuk tes Toefl resmi ETS, selain mudah dijangkau dengan angkutan umum juga paling murah se-Medan yaitu untuk Umum tes di bulan Juni 2017 tarif promo hanya Rp. 490.000, buat mahasiswa dan unimed lebih murah lagi yaitu Rp. 375.000 dan umum Rp. 550.000 (tarif normal). Oh ya, alamat Pusat Bahasa Medan terletak di dalam Universitas Negeri Medan Gedung Perpustakaan Lama Lt. 2, Gedungnya pas di depan Biro Rektor Unimed.

Gambar 2. Bukti transfer uang pembayaran tes TOEFL
Untuk daftar, kita bisa datang langsung ke Pusba Unimed bisa juga kita email bukti transfer pembayaran dan KTP kita, buat jadwal kapan tesnya. Biasanya dalam sebulan diadakan 2 x tes. Untuk info jadwal kunjungi aza https://pusatbahasa.unimed.ac.id/
Saat hari H tes berlangsung, cukup membawa KTP, alat tulis pinsil 2b, rautan, penghapus, oh ya tidak perlu membawa papan, karena sudah di sediakan panitia dan kita di berikan kunci loker untuk menyimpan barang bawaan kita karena di ruang ujian yang perlu di bawa cukup KTP dan alat tulis saja.
Setelah 10 hari aftes tes, kita biasanya akan di telepon sama panitia untuk mengambil hasil tes TOEFL kita, oh ya bagi yang tidak sempat ambil ke Pusba Unimed, kiat bisa request untuk di kirim via Pos, cukup bayar Rp. 40.000, alamat kirim yang jelas dan cantumkan nomor yang bisa di hubungi.
Gambar 3 . Photo sertifikat Toefl ITP lisensi ETS nya sudah keluar hasilnya. (Hiiiks, hasilnya
                             masih jauh dari yang di harapkan)

Oh ya, kalau hasil yang di peroleh belum sesuai harapan, jangan berkecil hati seperti saya yah he he, karena itu berarti kita kudu belajar lagi dan tetap semangat yah, ambil positif nya aza, hehe, dan untuk mengulang tes lagi tidak boleh di bulan yang sama, alias bulan ke depannya.


Sampai jumpa....

No comments:

Post a Comment

Liburan Hemat Keluarga

Higlight Breakdown Biaya Liburan Keluarga dengan Anak Ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam Oktober 2019

(Pengalaman Liburan Keluarga Fayza-Fathir) Higlight Breakdown Biaya Liburan Keluarga dengan   Anak Ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam...

Liburan Hemat Keluarga