Wednesday, September 27, 2017

Pengalaman Naik Causeway Link dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur

Sebenarnya, saya ada rencana dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur dengan pesawat, saya nunggu-nunggu promo dari maskapai yang sering ngadain promo ga da juga,,,ya udahlah booking bus menjadi pilihan terbaik.

Selain itu, jika saya hitung-hitung waktu efektif perjalanan beda tipislah dengan menggunakan moda pesawat terbang. Sebagai contoh jika flight saya pukul  3 pm, saya dari hotel ke airport Senai Johor Bahru harus berangkat pukul  1 pm dan pukul 2 pm harus sudah tiba di airport untuk proses check in, boarding time. Jika on time berangkat pukul 3 pm maka pesawat akan tiba di Kuala Lumpur (KLIA atau KLIA2) sekitar pukul 50 menit-1 jam perjalanan yaitu pukul 4 pm. Proses keluar bandara sekitar 30 menit menunggu bus airport coach arah ke KL Sentral 30 menit dan sekitar pukul 5 pm kita sudah berangkat dengan bus tujuan KL Sentral, lama perjalanan sekitar 1-1,5 jam. Jadi totally tiba di KL Sentral sekitar pukul 6.30 pm.

Nah..sekarang asumsi dengan naik Bus, sebagai contohnya adalah perjalanan kami menggunakan Bus Cause way Link berwarna kuning dengan icon smile, dan kami kenyataannya tetep smile di dalam bus karena memang bus ini mengutamakan kenyamanan penumpangnya.

Kami dari hotel sekitar jam 1 pm lewat check out, sempat makan siang di rumah makan padang dekat area hotel selama lebih kurang 45 menit, kemudian dengan taxi grab kami menuju Terminal Larkin Johor Bahru sekitar 15 menit perjalanan, ke counter Causeway link terlebih dahulu, setelah mendapat tiket resmi, kami di arahkan ke platform keberangkatan. Busnya tergolong on time, lewat 10 menit aza dari jadwal keberangkatan pukul 2.30 pm berarti 2.40 pm dan bus pun mulai melaju.

Seatnya Lebar, ditengahnya ada colokan charger

Dari pengalaman saya naik Bus selama di Malaysia ini, Causeway link adalah bus yang terbaik. Dengan seat 2-1, seatnya lebar, ada sandaran kakinya juga, ac-nya dingin dan ada colokan chargernya juga, lajunya kencang tapi tetap nyaman, busnya model double dekker. Oh ya beruntung kami mendapat discount dengan pembelian tiket on line melalu situs redbus sebanyak 15%, cukup membayar RM 29,07/perorang.  Ga terasa pukul 6.30 pm kami sudah memasuki Stasiun TBS Kuala Lumpur, stasiun bus-bus intercity yang mirip bandara, sanking luasnya sempat bingung mau keluar dari situ gimana...katrok mode on...he he. Dan kami naik KTM (kereta api) untuk sampai ke KL Sentral sekitar 20 menit.

Nah beda-beda tipiskan lama perjalanan darat or udara dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur. Tapi biayanya lumayan jauh pautannya jikalau tiada promo (lain hal kalau ada promo malah bisa 1/2 harga naik bus). Mau via udara or via darat semua pilihannya tergantung pemirsa yah.