Monday, November 4, 2019

Higlight Breakdown Biaya Liburan Keluarga dengan Anak Ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam Oktober 2019

(Pengalaman Liburan Keluarga Fayza-Fathir)

Higlight Breakdown Biaya Liburan Keluarga dengan  Anak Ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam Oktober 2019

Assalamu’alaikum wr.wb…

Kali ini Saya mau share tentang Biaya yang dikeluarkan saat liburan ke Kuala lumpur dan Brunei Darussalam dari tanggal 13 oktober s/d 17 Oktober  2019. Berhubung masih fresh di memory langsung ya kita breakdown tentang hight light dan biaya-biaya nya berhubung uda banyak yang tanya-tanya mudah2 an segera bisa kesana juga.  Amiiin

Day I. Kualanamo-Medan to Kuala lumpur ( KLIA2, Mitsue Outlet Sepang, Tune Hotel KLIA2)
Day 2. Kuala Lumpur to Bandar Sri Begawan (KLIA2, BWN airport, Le gallery suits Hotel, Kampong Ayer, Istana Nurul Iman, Masjid Omar Syaifuddin, Yayasan Kompleks Hassanal Bolkiah, My town eating House)
Day 3. Explore Bandar Sri Begawan ( Le gallery suits Hotel, Plaza Abdul Razak, Plaza Athirah,  Museum Regalia, Museum Negara, Nasi Katok Mama jl. Cator, Terminal Bus Gadong, Mesjid Jami’, Mall Gadong)
Day 4. Bandar Sri Begawan to Kuala-Lumpur ( Le gallery suites hotel, My town eating House, BWN airport, KLIA2, Nu Mall sentral, Easy Hotel, Bukit Bintang,Plaza  Low Yat , Mydin, Mesjid Jami’)
Day 5. Kuala Lumpur to Kualanamo Medan ( Easy hotel, Nu Mall sentral, central market, Mall Suria, Aquaria KLCC, Taman KLCC, nando’s restaurant, KlIA2, Kualanamo-Medan)

Biaya Pesawat 3 orang 2 jutaan…what 2 juta buat ber 3 ke Brunei Pula. Apa ga salah ketik nih Mak Fayza…Bener banget malah dan Alhamdulillahnya tiket uda Saya booking sejak setahun lalu sepulang liburan dari Penang saat promo free seat Air Asia. Untuk Kno to Kul (pp) Saya booking langsung via website airasia.com senilai IDR 1.070.160 sedangkan Kul to BWN (pp) Saya booking via airpaz.com senilai IDR 955.941. Biaya hotel di bayar secara bertahap, sembari menabung, intip-intip yang mana lagi promo hahai.. dan biaya liburannya di cicil bulan per bulan dengan menabung, but finally dapat full dari Si Ayah…Alhamdulillah..

Hotel di Kuala Lumpur (Tune Hotel KLIA 2 )senilai IDR 718.964..muahal yah..tapi percayalah ketika Anda memutuskan untuk penerbangan di Early morning dan takut ketinggalan pesawat, Tune Hotel KLIA2 ini amat sangat pantas dan paling murah dibandingkan hotel sekelas bandara lainnya yang mematok angka mulai 1 jutaan. Apalagi kami membawa Fayza (7 Tahun) yang butuh istirahat cukup saat liburan yang agak jauh.

Hotel di Brunei Darussalam tepatnya Bandar Sri Begawan (Legallery Suites Hotel untuk 2 malam) senilai 1.148.141 sudah termasuk pick up dari Bandara menuju hotel dengan kamar yang amat sangat luas + Sofa, cukup nyaman untuk kami ber3 istirahat selama disana dan ada kitchen +refrigerator yang sayangnya tidak Saya manfaatkan karena lagi malas masak, hahaha. DiSamping Hotel ada Restaurant My Town Eating house yang selalu ramai dari pagi s/d malam. Dan Restauratnt BBQ and Grilled di belakang Hotel buat makan steak yang recommended tapi lumayan pricey (kami takut mencoba haha).  Jalan 5 menit di belakang hotel ada 2 Plaza (Athira dan abdul Razak)l untuk sight seeing and cuci mata.

Hotel di Kuala Lumpur Sentral (Easy Hotel )dengan IDR 296.674. Hotelnya pas dibawah KL sentral-NuSentrall Mall. Sangat recommended lah..kita dikasih welcome drink dan permen juga. Kamar double yang saya pesan di upgrade ke kamar  triple secara gratis. Ameneties nya lumayan lengkap, ada sajadah dan arah kiblat dan siaran tv nya enak-enak. Malamnya saya sempat nonton maleficients ditv3 yang pemerannya Angelina Jolie  dan lanjut film India yang pemerannya Shah rukh khan sebagai Dokter untuk masalah psikologis yang saya lupa judulnya.

Pulang pergi dari Rumah ke Kuala namo gratis karena si kakek yang mengantar kita. Thanks Bapake..
Total = 4.189.880 (Untuk 3 orang) 5hari 4 malam untuk tiket pesawat  dan hotel

Belum termasuk makan, jajan, oleh-oleh dan transportasi selama di Kl dan Brunei (komuter, LRT dan grab/Dart)

Kurs :  1 ringgit Malaysia (RM)  adalah IDR 3.400 dan  1 dollar Brunai adalah IDR 10.300

Part: Makan
Day 1. Sarapan gratis di rumah, Siang KFC di KLIA2 3 porsi (Nasi+Ayam+Milo) 42 ringgit, Malam Nasi Briyani 2 porsi + Minum Es Teh senilai 28 ringgit. Total : 70 ringgit atau IDR 238.000
Day 2. Sarapan di Pesawat Teh hangat + Roti senilai 11 ringgit + Sesampainya di Bandara BWN beli Paket Nasi Jolibee (Nasi+Ayam+Kuah Krem+Milo)di Bandara BWN senilai 9 dollar Brunei. Untuk makan siang kita beli di lt2. Food court Yayasan Sultan Di depan Mesjid Omar Syaifuddin (2 porsi nasi + ikan bakar) senilai 12,5 dollar + malam di sebelah hotel ( 2 porsi nasi+ tomyam udang + telur mata sapi+ jus jeruk + lemon tea) senilai 12.5 dollar. Total: 34 dollar + 11 ringgit atau IDR 350.200 + 37.400 =IDR 387.600
Day 3. Sarapan di hotel ( tapsilog dan nasi lemak otak otak+ teh hangat) 7 dollar + siang 2 dollar (2 porsi nasi katok) + malam ayah nasi ayam penyet (4.5 dollar) + KFC 1 paket untuk Saya dan fayza  4.5 dollar + Supper (Milo + Roti Bun) 3 dollar. Total: 21 dollar atau IDR 216.300
Day 4. Sarapan di hotel ( 2 porsi nasi+teh hangat) 7 dollar + Siang touch down KLIA2 KFC 2 paket senilai 28 ringgit + Malam (2 porsi nasi + ikan) di foodcourt dekat Mesjid jami’ depan Mydin senilai 16 ringgit + 1 porsi Burger king di Nu Mall sentral  senilai 10 ringgit. Total: 7 dollar + 54 ringgit atau IDR 72.100 + 183.600 = IDR 255.700
Day 5. Sarapan di hotel ( 2 porsi nasi lemak + ikan + Milo) 18 ringgit + Siang di Nando’s Nu Mall Sentral senilai 42 ringgit dengan lemon tea yang bottom less (kalo kurang boleh minta lagi sepuas-puasnya  secara gratis) + Malam Kita sudah touch down Kualanamo Medan dan makan sate Padang 5 porsi senilai 120 rb. Total: 60 ringgit  + IDR 120.000 = IDR 324.000
Total Biaya Makan 5 hari 4 Malam Keluarga (2A+1C) Kuala Lumpur Brunei Darussalam = IDR 1.421.600

Biaya makan ini hemat karena Saya sering sharing makanan dengan Fayza anak Saya. Saat ketibaan kita di KLIA2 Siang hari, kami langsung cari makan siang di KFCnya pesan 3 porsi, banyak bersisa, jadi untuk selanjutnya Saya sharing makan sama Fayza. Karena porsi makanan di Malaysia dan Brunei itu banyak banget. (oh no..my weight rises dramatically)

Part: Jajan
Untuk jajan sih kita lebih ke makanan dan minuman ringan sepert i jus buah potong, es krim, coklat dan air mineral. Kita total secara kasar aza yah : IDR 300.000

Part: Oleh-oleh
Kita lebih yang kayak beliin gantungan kunci, coklat2an, gantungan mobil yang ringan2 lah.. Total = 1.000.000

Part: Attraksi
Kemarin saat kita di KL, sempat ajak Fayza mampir liat hiu di Aquaria KlCC. Beli tiket on the spot karena awalnya memang ga da niat kesana jadi tiket: 69 RM (A) dan 59 RM (C) Total = IDR 435.200

Part:Transportasi
Untuk di Kuala lumpur kita naik aerobus dari KLIA2 ke KL sentral senilai 12 ringgit/orang, selebihnya naik LRT, komuter ke spot2 di KL. Total Kasar = IDR 163.000 + 64. 000 = IDR. 227.000
Untuk di brunei kita memakai Dart. Apa itu Dart? Sejenis Grab atau Go jek local Brunei yang harganya lumayan murah (mulai 5 dollar sekali jalan) dibandingkan jika kita memesan taksi argometer sekalipun saat di Brunei dan juga Bus senilai 1 dollar/ orang, anak-anak free. Boat di kampong ayer kita naik 2 x malah hehe..karena sekali jalan cuman 1 dollar je.. Total Kasar= 36 dollar atau IDR 370.800

Jadi total semua-muanya untuk liburan 5D4N untuk keluarga 2(A) dan 1(C)  ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam adalah IDR  7.944.480. .Murah ya…..murah banget malah… dengan biaya segitu uda bisa jalan-jalan ke dua Negara (Kuala Lumpur-Malaysia dan Bandar Sri Begawan – Brunei Darussalam).

Liburan keluar negeri itu memberikan banyak energy positif diantaranya meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, mempererat ikatan keluarga, mempelajari adat istiadat serta habbit masyarakatnya dan tentunya kulineran daerah setempat serta semangat buat nabung lagi untuk menjejakkan kaki ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi.
Liburan keluar negeri banyak orang mengira mahal, ajang pamer, hedon, dan hal-hal negatif lainnya. Come on, sekarang kalo ada niat untuk liburan terutama untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan, liburan itu merupakan hal yang paling menyenangkan karena Bumi Allah Maha Luas, selagi ada rezeki, umur, kesehatan, mulailah menabung dari sekarang , dari recehan belanja harian, recehan jajanan anak, dari rezeki lainnya , Insya Allah bisa liburan. Apalagi ada promo tiket pesawat seperti free seat Air Asia…Every one can Fly….Ayo liburan….!!!!
Semoga bermanfaat.

1 comment:

1. Mantaaap sist...kereeen...lanjutkan travelingnyaa 😘

Liburan Hemat Keluarga

(Pengalaman Liburan Keluarga Fayza-Fathir) Higlight Breakdown Biaya Liburan Keluarga dengan   Anak Ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam...