Saturday, September 9, 2017

Day 2. Johor Bahru-Singapura (Snow City, Orchard dan Merlion Park) -Johor Bahru

Hari ini saya sangat bersemangat, jadwal pagi ini  menyeberang ke Singapura. Pukul 6 am saya sudah siap mandi dan berkemas, membawa perlengkapan yang di perlukan dan menyiapkan teh manis, fasilitas hotel menyediakan teko listrik untuk buat air panas dan ini sangat membantu sekali. Ayah membeli nasi lemak plus telur ceplok plus timun plus sambal teri kacang dan sambal cabai khas malaysia yang tidak pedas dan manis dua porsi seharga rm. 8, Menunggu beberes Ayah dan Fayza, tepat pukul 9 am kita keluar dari hotel, tujuan kita ke wood land.

Karena kita ini turis agak manja, kita coba aplikasi uber dimana dari hotel ke woodland biaya rm 9, kami pun menyewa taxi uber. Supirnya cewe manis berjilbab, si kakak supir ini pun memberi tahu kami jika ke singapura dengan biaya murah sebaiknya menggunakan bus dari JB city square, di sebelah hotel kami menginap dan jaraknya sangat dekat dari hotel, jalan kaki 5-10 menit sampai, hehehe sementara jika menggunakan taxi uber, biaya membengkak sampai $50-75, wahh kontan saja kami memutuskan untuk di turunkan di depan JB city square. JB city square itu sebenarnya mall yang terintegrasi dengan stasiun bus dan juga imigrasi Malaysia dan luas banget. Btw, karena kita pusing balik arah, ongkos taxi tadi kami hanya membayar rm 5, makasih ya kak supir cantik buat infonya.

Kami mengikuti petunjuk dan sesekali menanya ke orang dimana imigrasi Malaysia, antrian nya sudah mulai ramai tetapi masih lancar, keluar dari imigrasi Malaysia, kami naik Bus Cause Way link warna kuning tujuan kranji seharga rm, 1,5/orang, lalu kami di turunkan di Imigrasi Singapura, antrian sudah ramai, wajib mengisi form kedatangan sebelum antri dan karena perjalanan kami ini perdana ke Singapura, kami di arahkan ke ruangan isolasi, ternyata ada beberapa juga turis yang di introgasi, menunggu 30 menit ditanya-tanya sebentar, yeah...finally kami keluar juga dari imigrasi Singapura.. Leganya, alhamdulillah.

Turun ke lantai dasar, naik bus Cause way link lagi, tunjukkan tiket yang tadi di beri supir, karena kalau hilang kena bayar lagi $ 1 / orang.

Sampai di St. Kranji, kami berniat membeli STP biar simple tinggal tap kalau mau naik MRT ataupun Bus, tetapi ticket office masih tutup dan buka pukul 12.30 pm, kami memutuskan makan siang di salah satu rumah makan halal, saya memesan nasi lemak plus ayam dan telur $ 2,5 per piring dan ayah memesan nasi lemak plus ikan gembung dan telur $ 2,5, air mineral seharga $ 1 saja, cukup worthed lah, rasanya lumayan koq eh ternyata si Ibu yang melayani kami orang Indonesia asli Padang, ketemu saudara setanah air di Negeri orang..

Selesai makan kami ke Counter ticket office membayar STP $ 20 untuk 2 orang ditambah $ 20 untuk deposit, Fayza 5 tahun dapat kartu gratis, yang bisa di pakai sampai dia berusia 7 tahun, Alhamdulillah..

Tujuan kami adalah Snow city, tempat main salju di Singapura terletak di gedung omni theatre yang terintegrasi dengan Singapore Science Centre di Jurong East. Turun dari MRT, kami menunggu bus no. 66 or 335.

Bus double dekker 66 arah ke Snow City

Saya sangat menyukai Budaya orang singapura yang sangat santun, suka menolong , ramah, budaya antri . Lalu kami turun di depan halte, yeah akhirnya kami bisa menikmati salju dan ada juga hujan saljunya, Fayza happy banget, cerita di snow city nanti ada review tersendiri yahh..

Lanjut kami kembali ke St. Jurong East dengan berjalan kaki kira-kira 10 menitan, di depan st ada minimarket yang menjual buah-buah segar dan murah, kami membeli anggur satu kotak  hanya $2,7, roti kering keju $ 1,5 dan air mineral $ 0,4. Di depan market ada uncle penjual es krim, Fayza beli rasa coklet toping wafer $1,3, ayah pilih rasa durian toping roti tawar $ 1,4, makannya di bawah pohon berangin sepoi- sepoi pula, hehe..rasanya lembuut, manisnya pas dan ga buat eneq, enak banget deh pokok nya, he he he.. Beli jus orange asli $ 2 di vending machine, unik dan modern ya, mesin bisa buat jus sendiri..

Selanjutnya tujuan kami ke Merlion Park, Land mark nya Singapura.

Sebelumnya kami singgah ke Orchard buat foto di plank orchad nya, yah hanya sekedar foto dan  Ion Mall Orchard (hanya cuci mata) , lanjut ke St. Raffles, kami turun di Blok H, menyusuri sungai di sore hari yang sejuk sangat indah yang membawa kami ke Merlion Park.

Disana ramai banget, segala turis ada di sini tumpah ruah, siap foto-foto, saya berencana akan ke Garden by the Bay, tapi Ayah dan Fayza sudah capek.

Akhirnya kami pulang deh dari St.  Raffles ke St. Kranji kira-kira 45 menit lah, lalu kami mengembalikan kartu STP kami dan kami di beri $ 20, horray,, buat nambah jajan besok.

Kembali ke Johor Bahru setelah melewati imigrasi Singapura lalu Imigrasi Malaysia, kami pun singgah ke JB city square buat makan malam setelah itu pulang ke hotel buat istirahat.

Hari kedua ini amat sangat menyenangkan dan melelahkan... Walaw lelah, hati senang ;)

Rincian Biaya Hari ke 2

Beli Buah potong                                      =$ 4
Ticket Bus Kranji to Johor                        =$ 2
Dinner di JB square                                   = rm. 22
Beli minum di Sevel                                  = rm. 3                                     Total                                                           = rp. 309.300 + rm. 51 + $ 119,7

(kurs 1RM= Rp. 3160 dan 1 $= Rp. 9880)