Friday, September 14, 2018

Liburan Keluarga Penang Hatyai Part 2

Penang Hatyai Day 2
Hari ke dua di Penang diawali proses siap-siap cek out hotel di pagi ini karena kita akan ke Hat Yai Thai Land.

Di depan Grand Inn penang Hotel

Penang ke Hat Yai biasanya menggunakan minivan yang sudah kita booking on line dari Medan sebelumnya. Karena semalam sudah cek tempat kounter bus di perangin Mall, jadi kita langsung cuus ke kesana setelah sarapan. Selain kita, ada sepasang turis bule juga yang memiliki tujuan ke Hat yai dan 3 orang lagi ber paras chinese. Sekitar pukul 8.30 am, minivan pun datang dan kita dipersilakan masuk ke dalam van. Van pun melaju cukup kencang, karena suasana di jalan  memang tidak terlalu ramai, dan kami pun melewati jembatan penang yang merupakan ikon khas penang, jalan raya nya bagus dan supir membawa van dengan kencang tetapi tetap nyaman. Jam 11 an, van berhenti di kawasan perbatasan, disana kita bisa sarapan untuk kedua kalinya, Ayah pesan nasi goreng dan rasanya lumayan enak ditambah sambal yang pedas, perpaduan masakan Thailand-Malaysia.
Setelah sarapan, kita pun memasuki imigrasi Malaysia buat chop pasport, naik van lagi dan turun lagi kita di imigrasi Thai Land, antrian siang itu tidak terlalu ramai jadi lancar-lancar aza. Masuk van lagi dan van melaju kencang.

Welcome to Thailand..ga sampai 1 jam kita sudah sampai di kota Hat Yai, yang buat pusing di sepanjang jalan, plang, spanduk dan apapun menggunakan bahasa Thai Land yang kita memamng ga mengerti sama sekali.  Beruntungnya, supir van kita mengantar kita tepat sampai di hotel yang sudah kita pesan sebelumnya yaitu Red Planet Hotel.
Kita sampai di hotel sekitar pukul 1 pm, langsung boleh check in sama customer servicenya tanpa ada deposit sama sekali.Wah rezeki lagi.. Kamar kita terletak dilantai 8 menghadap pegunungan. Kamarnya wangi, bersih dan nyaman.
Kita selonjoran dulu, solat dulu dan kali ini Fayza lebih happy karena siaran kartun anaknya ternyata ada. Abis itu kita turun ke bawah buat cari makan siang. Dengan aplikasi grab, kita mencari restoran halal yaitu Salma Restaurant yang letaknya sangat dekat dengan Lee Garden Plaza. Kita pesan nasi, Ikan siakap asam pedas, sementara fayza pesan nasi dan ayam goreng serta telur. Minumnya es coklat yang enak banget. Total makan siang kita sekitar 370 Baht.

Selesai makan, kita ke mall paling besar di Hat yai yaitu central Festival dimana di depan mall tersebut terdapat banyak stand penjual makanan, minuman, pakaian dan pernak pernik. Ternyata di dalam mall sedang ada pula bazar makanan khas mereka. Kita membeli beberapa oleh-oleh seperti kerupuk ikan, kacang tumbuk, dodol pisang, kopi thai land. Tak lupa pula mencoba durian thailand yang dagingnya lembut, tebal dan manis, jus mangga, kue bolu nenas kukus, cumu-cumi kuah pedas dan jajanan lain yang enak-enak.

Sekitar pukul 5 sore, kita naik grab lagi, kali ini tujuannya ke travel tempat esoknya kita balik ke penang. Berhubung sudah pesan tiket dari Medan, kita takut juga kena scam, jadinya muter-muter buat cari tu travel. Fixed, besok kita balik ke penang pukul 9.30 wib. Terimakasih buat abang grab yang baik hati muter-muter cari alamat travel tersebut. Sudah merasa lega, kami pun melanjutkan perjalanan kami ke santisuk market untuk membeli beberapa oleh-oleh. Ternyata, pasar santisuk market ini cukup dekat dengan hotel Kita, jadi dari pasar kita jalan kaki menuju hotel.
Kitapun istirahat dulu, mandi-mandi, solat, nonton-nonton. Wah malam ini ternyata acara penutupan asian games, jadi males kemana-mana lagi, mau nya nonton penutupan Asean Games aza deh.. Tapi karena belum makan malam, setengah acara, kita turun ke bawah lagi dan pesan grab buat repeat order ke Salma restaurant lagi. Kali ini pesan nasi dan  udang masak petai dan minumnya teh hangat. Selesai makan malam, kitapun menuju pasar malam di daerah lee Garden plaza. Disana banyak penjual makanan, minuman, pakaian, oleh-oleh sampai udang gala goreng...wah fenomenal nih.
Berhubung perut sudah kenyang, kita beli pulut mangga untuk kita makan di hotel rasanya enak banget. Fayza membeli mainan lampu-lampu yang bisa diterbangkan, beli cendramata sedikit dan kitapun balik ke hotel buat istirahat.