Friday, December 20, 2019

Liburan Ke Brunei Darussalam Part 3

15 oktober 2019 ( Pusing-pusing  Kota Brunei Darussalam)
Pagi ini badan sudah fit lagi pertanda sudah siap lanjut jalan-jalan,,,he he he
Pagi ini kami memutuskan untuk sarapan di café my town eating house lagi….menu yang kita ambil adalah tapsilog dan mie goring plus teh hangat total 7 dollar buat sarapan.
Selesai sarapan, berhubung saat naik dart ke kapong ayer semalam, kita jadi tahu bahwa hotel tempat kita menginap ini dekat banget dengan 2 shopping plaza yang saling berseberangan yaitu Plaza athira dan Plaza Abdul Razak. Jalan ga sampe 5 menit dari hotel, kita berhasil mengelilingi 2 plaza sekitar 20 menit, ga beli apa-apa sih, karena masih banyak yang tutup juga tokonya, kita pun lanjut ke museum regalia brunei dengan aplikasi dart senilai 5 dollar. Setiba disana, kita akan menyimpan sepatu di loker kemudian sebelum kita explore museum, kita diharuskan menitip tas kita dan hp, karena dilarang foto-foto didalam kawasan museum, yang boleh foto hanya di depan saja di kereta-kereta kencana sultan. Oh ya, masuk ke museum ini free alias gratis. Ruangannya full Ac jadi walau cuaca diluar hot, kami tetap cool di dalam, isi museumnya terdiri dari silsilah kerajaan brunei, penobatan raja, peralatan raja dari emas asli pun ada juga yang dijaga pengawal, hadiah-hadiah dari Negara sahabat termasuk Indonesia yaitu batu kecubung yang ukurannya besar dll, bule-bule juga banyak kita lihat ke sini.
Tak lupa kita beli cenderamata masih di dalam kawasan museum lantai bawah di seberang tempat penitipan tas kita, eh ternyata yang jual orang Indonesia yang sudah ekspatriat lama dan menikah sama orang sana. Si mbaknya ngasih diskon belanjaan kita juga, Alhamdulillah..
Keluar dari museum, kita celingukan dong, secara rerata yang dating ke sini itu yang pakai tour atau rombongan gitu. Mau pesan dart, kita belum tahu dimana harus nunggu karena kendaraan tidak boleh parker di depan museum. Bus-bus turis tadi parkirnya di seberang jalan khusus area parking. Kita lihat google maps, dan kita menemukan spot kunjungan di samping museum regalia yaitu Museum Brunei yang berisi tentang masyarakat brunei, foto kampong ayer, foto sultan juga ada lho..dan ada juga di samping kantin yang jual nasi katok 1 dollar dan air mineral 600ml 0,5 dollar. Oh ya masuk di sini free juga lho..
Sebelum kita lanjut jalan-jalan kita, Kita tanya staff yang bekerja di sana tentang stasiun bus dan kita pun di arahkan langsung ke terminal bus yang jaraknya tidak terlalu jauh, dimana dari kejauhan tampak stand nasi katok Mama yang terkenal itu. Eh ternyata ga bisa makan ditempat, jadi kita tapau lah nasi katok 2 bungkus seharga2 dollar dan kita makan di dalam terminal. Niat hati sih mau ke jerudong liat hotel empire yang direkomendasikan sama mbak penjual souvenir yang kita jumpa, eh ternyata waktu sudah terlalu siang ke sana, jadi kita pun putar arah ke Mesjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah dengan bus senilai 1 dollar/orang. Menurut cerita kubahnya dari emas ali. Alhamdullillah masih diberi kesempatan sholat di sana. Suasana di dalam masjid sangat tenang dan damai. Terdapat banyak Alqur’an berukuran besar, ratusan deh sepertinya, kami menghabiskan waktu agak lama di sini.
Perjalananan pun kami lanjutkan ke Mall Gadong menggunakan bus senilai 1 dollar/orang, katanya sih Mall ini yang terbesar di Brunei, dan ternyata ga besar-besar kali sih tetapi lebih ramai di bandingkan 2 plaza yang kita datangi. Sebentar sih kita keliling-keliling dan cuman beli KFC az, hehehe,,oh ternyata di seberang Mall ada juga jual souvenir khas brunei, tetapi karena kita tadi siang nya sudah membeli di Regalia, Kita ga beli lagi. Rencana nih untuk menghabiskan 1 malamlagi di Bruneii, kita mau ke pasar malam gadong yang ga jauh dari mall gadong sekalian buat cari makan malam, jalan kaki 5 menit sampai, eh tapi cuaca tiba-tiba mendung dan mulai rintik-rintik hujan, kamipun mengubah rencana menjadi pesan dart dan balik ke hotel,ha ha ha.
Sampai dihotel, uda ga hujan nih, kami balik lagi ke Mall Abdul Razak buat makan malam ayam penyet,haha dan setelah itu balik ke kamar hotel. Eh tapi sebelumnya, beli cemilan roti dan milo di café sebelah lagi…

Liburan Ke Brunei Darussalam Part 2

14 oktober 2019 (KLIA2 Kuala Lumpur-BWN Brunei Darussalam)
Alarmpun berbunyi pukul 4.00 am..tanda kita harus segera bersiap ke bandara KLIA2 lagi untuk menuju Brunei Darussalam. Sehabis beberes, tak lupa check ada yang tinggal barang2, abis tu kitapun check out.
Kami yang belum check-in on line pun menuju counter Air Asia buat check –in lalu menuju  gate keberangkatan, melewati custom imigrasi yang Alhamdulillah ga terlalu ramai. (alasan nginap di bandara karena takut ketinggalan pesawat karena sering dengar cerita di custom imigrasi yang membludak dan sering buat passenger ketinggalan pesawat). Dan sebelum masuk gate keberangkatan, kami sempat mengisi air minum gratis dan sholat subuh di Musholla pas di depan gate.
Saatnya kamipun dipersilahkan menuju pesawat, karena waktu telah menunjukkan jam 5.40 am, perjalanan ke bandara  BWN Brunei dari  KLIA2 Kuala Lumpur menempuh 2,5 jam perjalanan, dipesawat kita diberikan pramugari selembar kertas untuk diisi yang nantinya akan ditanyai pihak imigrasi. Time to sleep again dan ga berasa sudah sampai Brunei. Alhamdulliah..
Welcome Brunei Darussalam…
Diimigrasi, kita ditanya tujuan ke Brunei, tinggal dimana, berapa lama dan berapa uang yang kami bawa ke sana…seram yah…ha ha ha
Keluar dari imigrasi, kita menunggu pihak hotel menjemput. Sambil menunggu, kita cobain sarapan di joli bee depan bandara. Joli bee ini seperti restoran cepat saji juga sih, kita pesan 2 porsi nasi (nasi lemak+ ayam goring+ Milo + ikan bilis sambal + saos) dan Fayza diberi es krim gratis. Awal yang indah di Brunei..he he
Tak lama menunggu, bus jemputan hotelpun dating, kita bergegas ke hotel kita yaitu Le gallery suites hotel sekitar 15 menit perjalanan. Saat kita tiba di hotel sekitar pukul 10.00 am, pihak resepsionis mengatakan kamar belum siap tetapi jika kita ingin titip bag boleh jika nak jalan-jalan..
Ok kitapun titip bag kita. Berhubung dari Medan, saya sudah download aplikasi dart, jadi gampang dah mau kemana-mana. Apa sih dart? Dart ini adalah aplikasi taxi online yang lebih murah dari taxi biasa, kalau di Indonesia seperti grab car atau gocar, tetapi tidak untuk sepeda motor, karena you know lah, Negara Brunei yang kaya raya…
Tujuan pertama kita adalah kampong ayer, cukup membayar 5 dollar kita diantar pak cik Brunei, deket sih sebenarnya ga sampai 10 menit berkendara dan Pak Cik tadi memberikan kami air mineral gratis. Terimakasih Pak cik.
Udara laut siang ini sangat panas, kamipun berteduh sambil melihat dari jauh perumahan di kampong ayer. Karena sudah sampai disana, kamipun minta diantar pusing-pusing naik boat sekitar kampong ayer tadi dan minta di turunkan di kompleks yayasan sultan hassanal bolkiah yang dekat dengan masjid Omar Syaifuddin yang dari jauh tampak berwarna keemasan. Alhamdulillah, kita bisa sholat zuhur di masjid Omar ini. Selesai sholat, tak lupa cek rek-cek rek sebentar, kemudian kita balik lagi ke kompleks yayasan sultan buat makan siang di food court di lantai 2. Di food cout tersedia banyak stahl yang menjajakan banyak pilihan makanan, ada seafood, mie goring, nasi lemak, salad buah, es krim dan ada juga ayam penyet seperti di Indonesia. Pilihan pun jatuh ke Ikan bakar dengan bumbu terasi dan rasanya enaak banget.
Selesai makan, kita pusing-pusing kompleks dan terakhir membeli nasi ayam + milo di KFC  buat Fayza, lalu kamipun berniat ke Istana Nurul Iman tapi Kami masih bingung nih naik Dart atau naik boat karena ingin mencoba via laut dan pas kita Tanya pak cik yang bawa boat bisa antar ke istana, kami pun dengan santai naik boat, perjalanan ke sana jauh juga ternyata, dan hanya membayar 2 dollar saja. Eh tapi, setelah mau sampai, si Pak cik baru bercerita bahwa kita nya tidak tepat di turunkan di depan istana, karena harus jalan lagi sekitar 10 menit di siang hari yang matahari lagi terik-teriknya. Si Ayah pun sudah mulai sedikit cranky…ha ha ha
Setelah kami turun dari boat, kami pun jalan perlahan-lahan ke arah depan dan kami melihat banyak mobil-mobil parker di depan gerbang Istana bagian samping, Kami berfikir mungkin taxi, jadi kami memberanikan diri buat bertanya kepada salah satu pak cik, yang ternyata mereka adalah pekerja di Istana dan mobil-mobil yang parker tersebut ternyata mobil pekerja Istana, eh tapi, ternyata si pak Cik tadi berniat mau mengantar kami ke depan Istana Nurul Iman, karena dia juga arah ke sana, Alhamdulillah ya Allah, di pertemukan orang-orang baik di belahan Negara lain.
Kamipun diturunkan di depan Istana dan setelah mengucap terimakasih, Pak Cik tadi pun pergi. Ok time to snap pict ..
Ga sampe 5 menit foto, kamipun memutuskan untuk kembali ke hotel buat check in dengan aplikasi dart seharga 5 dollar, driver pun antar kita tepat di depan hotel. Urusan check in selesai, kamipun menuju kamar kita di lantai 3 dengan tangga wowwww…(no lift in the hotel). 5 menit kemudian kita bertiga pun tepar dengan sukses..zzz…zzz
Setelah sholat magrib, kita pun keluar buat cari makan malam, karena dari tadi uda jalan-jalan jauh, kita memutuskan makan malam di samping hotel aza tepatnya di café my town wating house (Rumah makan Bandarku), suasananya lumayan rame deh, kita pesan tom yam udang dan telur mata sapi full cooked, abiz tu balik lagi ke hotel persiapan simpan energy buat besok jelong2 lagi….
(continued)

Liburan Ke Brunei Darussalam Part 1.

13 oktober 2019 (Kno Medan-KLIA2 Kuala Lumpur)

Tepatnya pada tanggal 13 oktober 2019 kita menuju bandara kuala namo, dari rumah sekitar jam 8.00 am di antar sama si kakek. Sesampai di bandara, kita langsung ke customer service-nya Air Asia buat check in. Selesai check in kita langsung menuju gate keberangkatan, nunggu sekitar 1 jam-an, akhirnya panggilan untuk masuk pesawat. Pesawat kita pun menuju Bandara KLIA2 Malaysia.
Welcome Kuala lumpur.
Berhubung kita sudah keluar custom, saatnya makan siang.Siang ini kita makan KFC dulu. KFC Malaysia ini beda dengan yang di Indonesia, yaitu nasinya seperti nasi gurih berwarna sedikit kekuningan dan beraroma serai dan saos cabenya yang terasa manis, untuk ayamnya 11-12 sama yang di Indonesia dan minumnya kita pilih Milo yang lebih sedap, karena berasa coklatnya. Sedikit cerita, jJadi sebelum kita berangkat ke Brunei, kita bermalam dulu di Kuala lumpur, maklumlah tiket promo 0 Air Asia, dimana pesawat yang akan berangkat ke Brunei, jam penerbangannya pukul 6.20 am …what too early..waktu Malaysia sehingga menginap 1 (satu) malam di hotel dekat bandara KLIA2 adalah pilihan yang tepat. Dan kita memilih tune hotel yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Bandara. (Hemat transport)
Selesai makan siang, kami pun menuju tune hotel kira-kira 5 menit, dari dalam bandara pun ada petunjuk ke hotelnya melewati lorong dan keluarnya persis di depan hotel. Voila..
Proses Check- in nya mudah, ga pakai deposit tetapi kita membayar 10 RM/malam untuk pajak. Setelah kunci diberikan receptionist, kitapun langsung menuju kamar untuk solat dan istirahat (tidur siang dan nonton tv).
Sekitar jam 4.00 pm, kita keluar hotel. Kita rencana ke Mitsui yaitu seperti mall yang dekat bandara KLIA2 tetapi tetap kesana pakai transport juga. Kabar baiknya, ada shuttle bus kesana free dan stasium tunggunya di depan bandara KLIA2 tersebut. O.K, kitapun menuju stasiun yang dimaksud. Gak lama menunggu, buspun datang..
Sesampainya disana, kitapun sightseeing, Ayah mencari sepatu karena sepatu yang sedang dipakainya buat lecet, Fayza cari kaos kaki karena saat naik pesawat, kakinya kedinginan dan saya mencari obat-obatan dan balsem tiger untuk antisipasi pegal-pegal karena banyak jalan hehe..
Sebelum kita balik ke hotel, kita singgah ke toko coklat buat cemilan selama diperjalanan. Dan sempat singgah ke Bandara KLIA2 lagi buat makan malam nasi biryani di food courtnya.
Tiba dihotel, kita pun istirahat, mandi,sholat, pasang alarm dan tidur.zzzzzz

Monday, November 25, 2019

Liburan Ke Brunei Darussalam Part 5

17 oktober 2019 (Kuala Lumpur-Medan)
Hari terakhir liburan………..hiks…eh mau jumpa baby fathir lagi yesssss…..
Pagi di awali sarapan di sebelah hotel lanjut kita ke kesturi walk dan central market yang pagi ini masih tutup….oh no
Karena bukanya jam 10 am padahal kita di sana uda dari jam 8 am, kitapun cuuus ke Suria KLCC. Agenda hari ini, melihat twin tower dari kejauhan dan mengajak Fayza ke Aquaria KLCC.
Sampai disana, antrian anak tk/pg  rame banget buat ke aquarianya, dan tiket masuk pun sukses terbeli secara on the spot senilai RM  69 (A) dan RM 59 (C)..
Saatnya explore…
Habis itu,kita balik ke hotel buat packing dan check out pukul 1 pm.
Kita menjuju mall Nu sentral lagi buat cari makan siang, rame banget tempat2 makan karena memang sudah waktunya jam makan siang sih.
Kitapun memutuskan untuk makan di nando’s lantai atas masih di mall Nu sentral (Saya lupalantai berapa). Pesan ayam 2 porsi dan nasi 2 porsi serta minuman lemon tea bottom less senilai RM 42, kenyang juga sih. Siap makan masih santai-santai dulu.
Setelah itu kita menuju srtasiun bus di lantai bawah masih mall Nu sentral ini, kita pesan tiket bus yang akan membawa kita menuju bandara KLIA2 . Sudah pukul 5 pm kita sampai diKLIA2, kitapun langsung menuju counter Air Asia buat chek in. setelah itu, kita melalui imigrasi yang tidak terlalu ramai, lalu pukul 6 pm, kita sudah di ruang tunggu. Pesawat kita terjadwal di pukul 8 pm. Masih ada waktu sekitar 2 jam lagi, Ayah pun sempat makan nasi lemak dekat ruang tunggu, Saya dan fayza belum lapar karena tadi kami sempat nyemil makan roti. Pesawat kita delay ½ jam dan ½ jam setelah kita naik pesawat ga terbang-terbang dengan alasan cuaca. Ya, malam itu, langit hujan terus sangat deras + petir yang menyambar-nyambar. Alhamdulillah pukul 10 pm, kita pun akhirnya sampai di Bandara Kuala Namo Medan, berhunbung kita tanpa bagasi, kita melenggang langsung keluar bandara. Si kakek sudah stand bye, menjemput kami dan ada keponakan saya juga si comel Zahra yang ikut menjemput kami.
Daan berakhirlah  liburan kita tahun ini..Alhamdulillah ya  Allah atas segala –galanya.

Liburan Ke Brunei Darussalam Part 4

16 oktober 2019 ( Brunei Darussalam-Kuala Lumpur)
Besoknya, setelah solat subuh, saya packing dan siap-siap buat ke bandara..yah saatnya kita balik,eh tapi masih transit lagi sih di kuala lumpur 1 malam lagi, ye ye ye
Pesawat kita aka berangkat pukul 9 am, kita pukul 7 am sudah check out dan sarapan di café sebelah hotel lagi, he he
Abis sarapan, kita balik ke hotel, karena hotel menyediakan layanan menuju ke bandara tapi bayar 10 dollar, ga masalah sih, itu termasuk murah juga sama seperti harga jika kita menggunakan Dart.
Pukul 8 am, kita sudah boarding, penumpang ga banyak-banyak amat pagi ini, dan pesawat kita pun berangkat menuju kuala lumpur…welcome to KLIA2…
Ternyata imigrasi membludak sampai antrian panjang banget, ada sekitar 2 jam kita baru bisa keluar dari antrian tersebut dan merasa amat lapar,kita makan dulu disana  Rencana ke Melaka pun pending untuk kedua kali, kita memutuskan ke KL sentral saja, menggunakan bus senilain 12 RM.
Sesampainya di hotel, kita check in dulu dan diberi welcome drink dan permen sama staff Easy hotel. Hotel ini sangat strategis tepat di bawah Mall Nu sentral. Pokoknya recommended banget buat Backpacker seperti kami. Pesan kamar deluxe dikasih kamar triple lagi,,ya Alhamdulillah.
Kita sholat, istirahat, nonton-nonton kebetulan banyak siaran yang enak-enak sampai waktu ashar. Selesai Ashar, kita memutuskan balik ke Mall Nu sentral, tujuan Saya mau beli note book, sudah keliling eh ternyata ga da yang jual lap top di sana, ha ha
Tanya sama penjaga took, kita di arahkan ke Bukit Bintang tepatnya di Low Yat plaza, ok kita pun ke sana menggunakan monorail.
Keluar dari momorail, kita jalan sebentar, dan sampai ke Plaza yang di maksud, eh ternyata di sana menjual produk-produk elektonik yang hi tech dan tentunya tidak sesuai isi dompet buat beli note book, batal deh ..
Lanjut, kita mau cari oleh-oleh coklat di Mydin, kita di arahkan ke supermarket mydin yang di dekat masjid jamik, kita pun mencari tempat yang dimaksud dan Gila banget banyak coklat yang harganya jauh lebih murah dari di Medan, hamper kalap juga sih haha, tapi ingat bagasi dan dompet tak memadai.
Puas belanja, kita melipir ke food court di sebelah Mydin, eh yang jual orang Indonesia tepatnya dari Madura si Ibunya yang sudah lama merantau ke sana, Salut deh..
Selesai akan, kitapun balik ke Mall Nu sentral, beli burger lagi, karena makan yang tadi belum nendang, setelah itu balik ke hotel buat istirahat..

Monday, November 11, 2019

Biaya Liburan Keluarga Hemat Penang-Hatyai 3D2N

Pengalaman Liburan Keluarga Fayza Fathir

Highlight Break down Biaya Jalan-jalan Ke penang Hatyai September 2018

Assalamu’alaikum wr.wb…
Udah lama banget ga buat blog nih ceritanya, maklum az banyak M nya alias mualas…hehehe
Itinerary budget liburan tahun lalu az belum sempat di up date..uda banyak yang Tanya nih dia Saya buat highlight nya..

Day I. Kualanamo Medan to Penang
Day 2. Penang to Hatyai
Day 3. Hatyai to Penang to Kualanamo
Biaya Pesawat 3 orang 963.900
Hotel di Penang (Grand inn Penang Road ) untuk double room IDR 229.129.
Hotel di Hatyai (Red Planet Hotel) untuk double room  IDR 233.340
Total =IDR  1.426.369 (Untuk 3 orang)

Sebagai tambahan kita ke hat yai menggunakan minivan Penang Hatyai (pp) untuk 2A+1C dengan billion star IDR 336.000, murah karena ada diskon 30% dari easybook.com (1RM= IDR 3.200)
Jadi Total = IDR 1.762.369

Belum termasuk makan, jajan, oleh-oleh dan grab ya. Karena kita boros dimakanan dan jajan, jadi sedikit out of budget but still reasonable lah. Total kasarnya biaya 3D2N buat keluarga  2(A) 1(C) untuk makan, jajan, transport (grab), toilet  IDR  1.000.000. Makanan serta jajan di Penang or Hat yai ga jauh beda sama di Medan, malah lebih mahal di Medan sih itu tergantung what we eat, eh tapi di ke-2 tempat ini adalah surge kuliner dan jajanan yang almost uenak bingitz. Saat di penang kami makan di Nasi Kandar Line Clear, Rojak, Mc. Donald yang beda sama Medan punya dan Hat Yai banyak banget makanan halal yang enak –enak disana, mulai dari nasi goring, tom yam, ikan pedas manis, pulut manga, durian, buah-buahan, dll serta dimsum halal yang enak dan murahnya kebangetan deh.. , serius.

Jadi grant Total semua jalan-jalan 3D2N Penang-Hat Yai untuk keluarga yang terdiri 2A + 1C yaitu IDR 2.762.369 (diluar oleh-oleh). Murah ya…..murah banget malah… dengan biaya segitu uda bisa jalan-jalan ke dua Negara (Penang-Malaysia dan Hat Yai-Thailand)… ayo menabung dan wujudkan impian travelling kamu.
Semoga bermanfaat.

Monday, November 4, 2019

Higlight Breakdown Biaya Liburan Keluarga dengan Anak Ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam Oktober 2019

(Pengalaman Liburan Keluarga Fayza-Fathir)

Higlight Breakdown Biaya Liburan Keluarga dengan  Anak Ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam Oktober 2019

Assalamu’alaikum wr.wb…

Kali ini Saya mau share tentang Biaya yang dikeluarkan saat liburan ke Kuala lumpur dan Brunei Darussalam dari tanggal 13 oktober s/d 17 Oktober  2019. Berhubung masih fresh di memory langsung ya kita breakdown tentang hight light dan biaya-biaya nya berhubung uda banyak yang tanya-tanya mudah2 an segera bisa kesana juga.  Amiiin

Day I. Kualanamo-Medan to Kuala lumpur ( KLIA2, Mitsue Outlet Sepang, Tune Hotel KLIA2)
Day 2. Kuala Lumpur to Bandar Sri Begawan (KLIA2, BWN airport, Le gallery suits Hotel, Kampong Ayer, Istana Nurul Iman, Masjid Omar Syaifuddin, Yayasan Kompleks Hassanal Bolkiah, My town eating House)
Day 3. Explore Bandar Sri Begawan ( Le gallery suits Hotel, Plaza Abdul Razak, Plaza Athirah,  Museum Regalia, Museum Negara, Nasi Katok Mama jl. Cator, Terminal Bus Gadong, Mesjid Jami’, Mall Gadong)
Day 4. Bandar Sri Begawan to Kuala-Lumpur ( Le gallery suites hotel, My town eating House, BWN airport, KLIA2, Nu Mall sentral, Easy Hotel, Bukit Bintang,Plaza  Low Yat , Mydin, Mesjid Jami’)
Day 5. Kuala Lumpur to Kualanamo Medan ( Easy hotel, Nu Mall sentral, central market, Mall Suria, Aquaria KLCC, Taman KLCC, nando’s restaurant, KlIA2, Kualanamo-Medan)

Biaya Pesawat 3 orang 2 jutaan…what 2 juta buat ber 3 ke Brunei Pula. Apa ga salah ketik nih Mak Fayza…Bener banget malah dan Alhamdulillahnya tiket uda Saya booking sejak setahun lalu sepulang liburan dari Penang saat promo free seat Air Asia. Untuk Kno to Kul (pp) Saya booking langsung via website airasia.com senilai IDR 1.070.160 sedangkan Kul to BWN (pp) Saya booking via airpaz.com senilai IDR 955.941. Biaya hotel di bayar secara bertahap, sembari menabung, intip-intip yang mana lagi promo hahai.. dan biaya liburannya di cicil bulan per bulan dengan menabung, but finally dapat full dari Si Ayah…Alhamdulillah..

Hotel di Kuala Lumpur (Tune Hotel KLIA 2 )senilai IDR 718.964..muahal yah..tapi percayalah ketika Anda memutuskan untuk penerbangan di Early morning dan takut ketinggalan pesawat, Tune Hotel KLIA2 ini amat sangat pantas dan paling murah dibandingkan hotel sekelas bandara lainnya yang mematok angka mulai 1 jutaan. Apalagi kami membawa Fayza (7 Tahun) yang butuh istirahat cukup saat liburan yang agak jauh.

Hotel di Brunei Darussalam tepatnya Bandar Sri Begawan (Legallery Suites Hotel untuk 2 malam) senilai 1.148.141 sudah termasuk pick up dari Bandara menuju hotel dengan kamar yang amat sangat luas + Sofa, cukup nyaman untuk kami ber3 istirahat selama disana dan ada kitchen +refrigerator yang sayangnya tidak Saya manfaatkan karena lagi malas masak, hahaha. DiSamping Hotel ada Restaurant My Town Eating house yang selalu ramai dari pagi s/d malam. Dan Restauratnt BBQ and Grilled di belakang Hotel buat makan steak yang recommended tapi lumayan pricey (kami takut mencoba haha).  Jalan 5 menit di belakang hotel ada 2 Plaza (Athira dan abdul Razak)l untuk sight seeing and cuci mata.

Hotel di Kuala Lumpur Sentral (Easy Hotel )dengan IDR 296.674. Hotelnya pas dibawah KL sentral-NuSentrall Mall. Sangat recommended lah..kita dikasih welcome drink dan permen juga. Kamar double yang saya pesan di upgrade ke kamar  triple secara gratis. Ameneties nya lumayan lengkap, ada sajadah dan arah kiblat dan siaran tv nya enak-enak. Malamnya saya sempat nonton maleficients ditv3 yang pemerannya Angelina Jolie  dan lanjut film India yang pemerannya Shah rukh khan sebagai Dokter untuk masalah psikologis yang saya lupa judulnya.

Pulang pergi dari Rumah ke Kuala namo gratis karena si kakek yang mengantar kita. Thanks Bapake..
Total = 4.189.880 (Untuk 3 orang) 5hari 4 malam untuk tiket pesawat  dan hotel

Belum termasuk makan, jajan, oleh-oleh dan transportasi selama di Kl dan Brunei (komuter, LRT dan grab/Dart)

Kurs :  1 ringgit Malaysia (RM)  adalah IDR 3.400 dan  1 dollar Brunai adalah IDR 10.300

Part: Makan
Day 1. Sarapan gratis di rumah, Siang KFC di KLIA2 3 porsi (Nasi+Ayam+Milo) 42 ringgit, Malam Nasi Briyani 2 porsi + Minum Es Teh senilai 28 ringgit. Total : 70 ringgit atau IDR 238.000
Day 2. Sarapan di Pesawat Teh hangat + Roti senilai 11 ringgit + Sesampainya di Bandara BWN beli Paket Nasi Jolibee (Nasi+Ayam+Kuah Krem+Milo)di Bandara BWN senilai 9 dollar Brunei. Untuk makan siang kita beli di lt2. Food court Yayasan Sultan Di depan Mesjid Omar Syaifuddin (2 porsi nasi + ikan bakar) senilai 12,5 dollar + malam di sebelah hotel ( 2 porsi nasi+ tomyam udang + telur mata sapi+ jus jeruk + lemon tea) senilai 12.5 dollar. Total: 34 dollar + 11 ringgit atau IDR 350.200 + 37.400 =IDR 387.600
Day 3. Sarapan di hotel ( tapsilog dan nasi lemak otak otak+ teh hangat) 7 dollar + siang 2 dollar (2 porsi nasi katok) + malam ayah nasi ayam penyet (4.5 dollar) + KFC 1 paket untuk Saya dan fayza  4.5 dollar + Supper (Milo + Roti Bun) 3 dollar. Total: 21 dollar atau IDR 216.300
Day 4. Sarapan di hotel ( 2 porsi nasi+teh hangat) 7 dollar + Siang touch down KLIA2 KFC 2 paket senilai 28 ringgit + Malam (2 porsi nasi + ikan) di foodcourt dekat Mesjid jami’ depan Mydin senilai 16 ringgit + 1 porsi Burger king di Nu Mall sentral  senilai 10 ringgit. Total: 7 dollar + 54 ringgit atau IDR 72.100 + 183.600 = IDR 255.700
Day 5. Sarapan di hotel ( 2 porsi nasi lemak + ikan + Milo) 18 ringgit + Siang di Nando’s Nu Mall Sentral senilai 42 ringgit dengan lemon tea yang bottom less (kalo kurang boleh minta lagi sepuas-puasnya  secara gratis) + Malam Kita sudah touch down Kualanamo Medan dan makan sate Padang 5 porsi senilai 120 rb. Total: 60 ringgit  + IDR 120.000 = IDR 324.000
Total Biaya Makan 5 hari 4 Malam Keluarga (2A+1C) Kuala Lumpur Brunei Darussalam = IDR 1.421.600

Biaya makan ini hemat karena Saya sering sharing makanan dengan Fayza anak Saya. Saat ketibaan kita di KLIA2 Siang hari, kami langsung cari makan siang di KFCnya pesan 3 porsi, banyak bersisa, jadi untuk selanjutnya Saya sharing makan sama Fayza. Karena porsi makanan di Malaysia dan Brunei itu banyak banget. (oh no..my weight rises dramatically)

Part: Jajan
Untuk jajan sih kita lebih ke makanan dan minuman ringan sepert i jus buah potong, es krim, coklat dan air mineral. Kita total secara kasar aza yah : IDR 300.000

Part: Oleh-oleh
Kita lebih yang kayak beliin gantungan kunci, coklat2an, gantungan mobil yang ringan2 lah.. Total = 1.000.000

Part: Attraksi
Kemarin saat kita di KL, sempat ajak Fayza mampir liat hiu di Aquaria KlCC. Beli tiket on the spot karena awalnya memang ga da niat kesana jadi tiket: 69 RM (A) dan 59 RM (C) Total = IDR 435.200

Part:Transportasi
Untuk di Kuala lumpur kita naik aerobus dari KLIA2 ke KL sentral senilai 12 ringgit/orang, selebihnya naik LRT, komuter ke spot2 di KL. Total Kasar = IDR 163.000 + 64. 000 = IDR. 227.000
Untuk di brunei kita memakai Dart. Apa itu Dart? Sejenis Grab atau Go jek local Brunei yang harganya lumayan murah (mulai 5 dollar sekali jalan) dibandingkan jika kita memesan taksi argometer sekalipun saat di Brunei dan juga Bus senilai 1 dollar/ orang, anak-anak free. Boat di kampong ayer kita naik 2 x malah hehe..karena sekali jalan cuman 1 dollar je.. Total Kasar= 36 dollar atau IDR 370.800

Jadi total semua-muanya untuk liburan 5D4N untuk keluarga 2(A) dan 1(C)  ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam adalah IDR  7.944.480. .Murah ya…..murah banget malah… dengan biaya segitu uda bisa jalan-jalan ke dua Negara (Kuala Lumpur-Malaysia dan Bandar Sri Begawan – Brunei Darussalam).

Liburan keluar negeri itu memberikan banyak energy positif diantaranya meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, mempererat ikatan keluarga, mempelajari adat istiadat serta habbit masyarakatnya dan tentunya kulineran daerah setempat serta semangat buat nabung lagi untuk menjejakkan kaki ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi.
Liburan keluar negeri banyak orang mengira mahal, ajang pamer, hedon, dan hal-hal negatif lainnya. Come on, sekarang kalo ada niat untuk liburan terutama untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan, liburan itu merupakan hal yang paling menyenangkan karena Bumi Allah Maha Luas, selagi ada rezeki, umur, kesehatan, mulailah menabung dari sekarang , dari recehan belanja harian, recehan jajanan anak, dari rezeki lainnya , Insya Allah bisa liburan. Apalagi ada promo tiket pesawat seperti free seat Air Asia…Every one can Fly….Ayo liburan….!!!!
Semoga bermanfaat.

Liburan Hemat Keluarga

(Pengalaman Liburan Keluarga Fayza-Fathir) Higlight Breakdown Biaya Liburan Keluarga dengan   Anak Ke Kuala Lumpur dan Brunei Darussalam...